[MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA]

[MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA]

Hi Sahabat Politeknik👋

Hi Indonesia🙌

 

Merdeka! Kalimat itu begitu sakral di masa perjuangan Indonesia untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Kemerdekaan itu kemudian didapat berkat pengaruh dan kerja keras para pemuda yang memang memiliki peran penting dalam sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia. Meski begitu, peran pemuda dalam mengupayakan kemerdekaan jauh telah dilakukan sebelum 1945.

Tujuh tahun setelah berdirinya Budi Oetomo pada 1908 misalnya, para pemuda mulai bangkit meskipun masih dalam suasana kesukuan. Bangkitnya pemuda didasari seorang bernama Satiman yang memiliki semangat berkobar yang menjadi motor penggerak bagi pergerakan pemuda. Tri Koro Darmo menjadi wadah awal dari perhimpunan pemuda.

Bermula dari para tokoh PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajara Indonesia) serta para cendekiawan yang mengemukakan berbagai idenya mengenai masalah untuk menyatukan seluruh organisasi berbasis pemuda yang ada di Indonesia. Selama 1 tahun sejak tahun 1926 pertemuan ini terus diadakan dan berlangsung.

Kongres Pemuda I akhirnya dilakukan pada 30 April sampai 2 Mei 1926. Ceramah-ceramah yang diberikan dalam kongres itu belum bisa menyatukan persatuan Indonesia. Masih adanya ego kedaerahan yang kuat dari tiap kelompok. Kemudian, mereka sadar bahwa ego kedaerahan itu akan mempersulit Indonesia untuk bersatu dan berjuang melawan penjajahan. Tepat pada bulan Mei tahun 1928 pertemuan diadakan kembali dan berlanjut pada pertemuan selanjutnya tanggal 12 Agustus 1928 yang merupakan pertemuan terakhir. Pertemuan terakhir tersebut juga dihadiri oleh seluruh barisan organisasi pemuda yang ada di Indonesia. Hasil akhir keputusan dari pertemuan tersebut yakni akan diadakannya Kongres pada bulan Oktober mendatang. Sementara itu, untuk susunan panitianya adalah masing-masing organisasi memiliki satu jabatan.

Sejarah lahirnya sumpah pemuda 1928 dilanjutkan dengan menyusun panitia kongres pada bulan Agustus yang semua organisasi pemuda juga terlibat di dalamnya. Selain organisasi PPPI, organisasi lain juga terlibat, diantaranya seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Soemantranen Bond, dan organisasi lainnya. Sementara itu, tokoh-tokoh yang juga terlibat di dalamnya adalah J. Leimena, Muhammad Yamin, serta Sugondo Djojopuspito.

Pada 27 sampai 28 Oktober 1928, kebanggaan dan rasa senasib para pemuda sebagai anak bangsa menjadikan mereka berkumpul lagi. Kongres Pemuda II digelar, dengan kepanitiaan dari berbagai perkumpulan. Lagu Indonesia Raya ciptaan W.R Supratman merupakan salah satu lagu kebangsaan yang juga dinyanyikan saat penutupan rapat. Namun bedanya lagu tersebut hanya dimainkan instrumennya saja.

Hasil dari kongres ini akhirnya dihasilkan sebuah rumusan Sumpah Pemuda. Moehammad Yamin merupakan penulis dari teks Sumpah Pemuda ini. Rumusan Sumpah Pemuda itu juga telah disetujui oleh Soegondo Djojopuspito yang merupakan ketua dari kongres ini. Rumusan Sumpah Pemuda ini akhirnya dibacakan oleh Soegondo, dan Moehammad Yamin pun juga turut berperan memberikan keterangan secara detail.

Setelah kongres tersebut, bukan berarti perjuangan para pemuda ini berhenti. Pada tanggal 25-29 Desember 1928, lahirlah organisasi Indonesia Muda. Indonesia Muda merupakan fusi dari beberapa organisasi di antaranya adalah Jong Java, Jong Celebes, Perhimpunan Indonesia dan Pemuda Sumatera.

Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, yaitu pada 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Sumpah Pemuda dimaknai sebagai momentum bersatunya tekad para pemuda, yang kemudian bergerak bersama dan berjuang menuju Indonesia merdeka.

 

Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia mengucapkan 🎉Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda🎉 Semoga kedepannya generasi muda Indonesia semakin bersatu padu dalam menjaga, mengembangkan serta mengharumkan nama baik Indonesia tercinta👬👭🇲🇨

.

Hidup Mahasiswa !

Hidup Politeknik !

Hidup Rakyat Indonesia!

 

Ttd,

Ilham Ali Arridho

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung

Koordinator Bidang Penalaran Dan Keilmuan

Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia 2019/2020

 

Salam🔥

~ FKMPI Berkarya, Politeknik Berjaya ~

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Follow and Like Our Media

📷 Instagram : official_fkmpi

📱 Line : @lmh5375r

🎥 Youtube : Official FKMPI

📩 Email : official.fkmpi@gmail.com

🌍 Website : www.fkmpi.org

 

Sumber:

https://blog.ruangguru.com/sejarah-kelas-11-mengenal-peristiwa-sumpah-pemuda

https://nasional.kompas.com/read/2018/10/28/06360091/sejarah-sumpah-pemuda-tekad-anak-bangsa-bersatu-demi-kemerdekaan?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *